Jenis & Ukuran Tongkang (Barge) Batu Bara



Ada Beberapa & Jenis Tongkang Batu Bara


Ada beberapa jenis tongkang (barge) batu bara, tergantung dari ukuran dan daya muat masing-masing tongkang, yang berukuran 180 feet dapat memuat kurang lebih 5.000 ton batu bara, dan yang berukuran 270 feet (feet jumbo) dapat memuat 8.000 ton batu bara, sedangkan yang berukuran 300 feet sampai 330 feet dapat memuat 10.000 ton sampai 12.000 ton batu bara.



          

           Tongkang batu bara yang berukuran 300 feet pada umunya mempunyai dimensi seperti ini yaitu :



Length overall    : 91, 44 meter
Breadth              : 24, 38 meter
Depth Midship   :  5, 49 meter
Draft Max           :  4, 27 meter    



Di haluan tongkang terdapat ramdoor yang berfungsi sebagai jalan / jembatan kendaraan yang mengangkut batu bara dari daratan (jetty) ke tongkang atau dari tongkang ke daratan pada saat muat atau bongkar muatan nantinya. Di sisi kanan dan kiri tongkang juga terdapat pintu yang berguna untuk proses bongkar muat jika posisi tongkang sandar longsite atau sandar samping.




Tongkang batu bara terbuat dari bahan baja asli, dan harus klarifikasi dari BKI agar dapat memastikan tongkang tersebut sudah memenuhi ketentuan standar dan layak untuk beroperasi, hal tersebut untuk menghindari agar tidak mudah terjadi kebocoran atau robek jika ada insiden atau tabrakan. Seperti contohnya di Samarinda Kalimantan Timur, sudah ada beberapa kasus insiden tabrakan yaitu tongkang kapal bertabrakan dengan kapal cargo, ada juga sesama tongkang kapal batu bara yang tabrakan bahkan ada juga tongkang yang menyerempet jembatan, seperti kasus beberapa tahun yang lalu ada kapal tug boat yang tongkangnya menyerempet jembatan Mahakam di Samarinda, nah itulah alasan mengapa tongkang harus memiliki konstruksi yang kuat dan terbuat dari bahan baja asli, karena adanya beberapa contoh kasus tersebut.




Popular posts from this blog

Jenis Tug Boat Kapal Penarik Tongkang Batu Bara

Ponton / Tongkang (Barge) Batu-Bara